Jumat, 22 Juli 2016

Warga lokal yang tidak bersahabat dengan para pejuang kemerdekaan 11: mantan pejuang yang kemudian berpihak pada Belanda

Tidak semua rakyat Hindia Belanda menginginkan kemerdekaan. Dengan berbagai alasan beberapa pihak malah lebih senang hidup di bawah kekuasaan Belanda atau malah memusuhi para pejuang kemerdekaan. Generalisasi tentu tidak bisa disimpulkan terhadap kelompok atau suku tertentu. Tapi foto-foto berikut mudah-mudahan bisa menambah bahan masukan untuk diskusi tentang hal ini.

11. Yang termasuk kelompok berbahaya adalah para pejuang yang tertangkap Belanda, kemudian berhasil dipengaruhi Belanda  untuk membelot dan berbalik arah untuk memihak Belanda dan memusuhi para mantan teman seperjuangan.
Foto di bawah memperlihatkan seorang perwira Belanda (Kolonel J.R. Kraan) memberikan arahan kepada para serdadu baru mantan pejuang yang sekarang berpihak pada Belanda.

(klik untuk memperbesar | © gahetna)
Waktu: masa perang kemerdekaan
Tempat: Ambulu (Jember)
Tokoh:
Peristiwa:
Fotografer: 
Sumber / Hak cipta: Het Nationaal Archief
Catatan: Ambulu kemudian, di masa Republik Indonesia Serikat, juga menjadi tempat di mana mantan KNIL melatih para mantan pejuang kemerdekaan di teknik kemiliteran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar