Senin, 09 Juni 2014

Perusakan harta benda warga Tionghoa semasa perang kemerdekaan 2 - Karawang

Pengantar: Pemberian nama "John Lie" kepada salah satu kapal perang TNI Angkatan Laut, mengingatkan kembali akan sumbangsih warga Tionghoa semasa perang kemerdekaan. Mudah-mudahan langkah ini bisa memulai diskusi terbuka dan tanpa prasangka tentang situasi yang dihadapi warga Tionghoa semasa perang kemerdekaan.

Harus diakui tema ini cenderung tidak dibicarakan orang, barangkali karena masalahnya dianggap sensitif. Tetapi menutup-nutupi bukanlah solusi yang bijak, paling tidak untuk jangka panjang, karena a.l. hanya akan menyuburkan gosip, praduga, generalisasi, kabar burung, dan kecurigaan. Hanya dengan keterbukaan kita bisa melihat sejarah dengan jernih dan mengambil pelajaran berharga darinya.

Sejak era reformasi sudah terlihat banyak kemajuan di dalam hal yang menyangkut warga Tionghoa. Barangkali ini saatnya untuk menggali kembali apa yang dialami bangsa ini ketika republiknya baru berusia sangat muda.

Gambar-gambar berikut memperlihatkan kerusakan yang dialami warga Tionghoa di berbagai tempat akibat tindakan para pejuang kemerdekaan. Kita serahkan kepada para pakar sejarah untuk melihat duduk permasalahannya. Mudah-mudahan gambar-gambar ini bisa berkontribusi di dalamnya.

 Karawang, Juli 1947 (© gahetna)
 Karawang, Juli 1947 (© gahetna)




Karawang (© gahetna)
Waktu: 1946-1949
Tempat: Karawang
Tokoh:
Peristiwa: Perusakan pemukiman warga Tionghoa die Karawang oleh para pejuang kemerdekaan semasa perang kemerdekaan melawan Belanda.
Fotografer:
Sumber / Hak cipta: Het Nationaal Archief
Catatan: klik foto untuk memperbesar.


1 komentar:

  1. Rakyat muslim Indonesia sangat santun dan ramah,tapi apabila mereka dimata2i tetangganya,tentu saja mereka marah,maka wajarlah mereka mendendam,nampaknya perlu dibongkar sebab2 terjadinya hal itu,agar publik tau

    BalasHapus