Kamis, 09 Januari 2014

Soekarno dan Fatmawati sungkem ke sepuh, 1946

John Florea | LIFE
John Florea | LIFE
Waktu: 1946
Tempat: Jakarta
Tokoh: Soekarno (Presiden Indonesia), Fatmawati (isteri Soekarno)
Peristiwa: Soekarno dan Fatmawati sungkem ke ibu Ida Ayu Nyoman Rai (?); tampaknya sebelum mereka berdua, bersama Bung Hatta dan Sjahrir, mengadakan orasi di depan ribuan massa pendukung kemerdekaan di Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng).
Fotografer: l.d.a.
Sumber / Hak cipta: l.d.a.
Catatan: Di foto atas sayang sekali tampak ada usaha me-retouche foto.


UPDATE 28 Maret 2019
Tambahan foto yang kemungkinan berasal dari peristiwa yang sama:
(klik untuk memperbesar | © Theo van Kempen / KITLV)

7 komentar:

  1. Itu ibu Dewi Prabuwati, guru spiritual Soekarno...bukan ibunya

    BalasHapus
  2. Maaf beliau dewi prabuwati meninggal dimana dan dikubur dimana?,soalnya di desa bonto-bonto,bili-bili,kab.gowa, sulsel.pernah ketmpat pemakaman ada saya liat kuburan yg batu nisannya bertulis nama "DEWI PRABUWATI meninggal thn 1986".apa itu makam guru pak soekarno atw hanya kebetulan sama namanya.

    BalasHapus
  3. Kalo yang dimaksud eyang Dewi Prabuwati yang di foto atas adalah benar yang meninggal di Panti Sosial Kresna Wedha Poros Malino Kab. Gowa. Dan Menurut saksi hidup pengurus Panti tersebut yang sudah pensiun membenarkannya. Dan menurut pengurus tersebut menceritakan bahwa beliau lah yang menjahit Bendera Pusaka Merah Putih. Sekedar info sj.. Salam Rahayu

    BalasHapus
  4. Barusan sy dari Makam beliau di Bili2 ..sejarah kita ternyata banyak di tutupi, supaya generasi penerus tidak bangga dan itu memang kerjanya kaum liberalis.

    BalasHapus