Jumat, 06 November 2020

Door de Eeuwen Trouw, organisasi anti RI pendukung RMS: Dalam karikatur Belanda, 1951

Door de Eeuwen Trouw ("setia sepanjang masa") adalah sebuah organisasi yang didirikan di tahun 1950 oleh sekelompok warga Belanda yang tidak bersimpati pada Republik Indonesia. Mereka menyokong pembatasan pengaruh Indonesia atas wilayah seperti Maluku, Papua, dan pulau-pulau lain yang jauh dari Jawa. Mereka secara resmi mendukung pembentukan Republik Maluku Selatan. Dukungan ini sempat menjadi perhatian media Belanda seperti yang termuat di karikatur berikut ini.

(klik untuk memperbesar | © AVS)

Karikatur ini terbit tanggal 16 Juni 1951, menggambarkan tiga anggota Door de Eeuwen Trouw menyalakan api yang kemudian membara. Asap yang muncul tapi menggambarkan lambang paramiliter Nazi, SS. Memang dikabarkan bahwa beberapa pentolan organisasi ini bersimpati pada, atau malah pernah terkait dengan SS. Entah kebetulan atau tidak, motto SS adalah Meine Ehre heißt Treue (kehormatanku adalah kesetiaan), yang memuat kata Jerman treue yang sepadan dengan kata Belanda trouw.

(klik untuk memperbesar | © AVS)

Karikatur yang terbit tanggal 19 Juni 1951 ini menampilkan beberapa potongan berita koran yang mewartakan Door de Eeuwen Trouw. Keterkaitan dengan SS tidak terdengar bagus di telinga warga Belanda yang yang relatif belum lama terbebas dari pendudukan Jerman Nazi. Karikatur ini tampaknya menggambarkan para petinggi Door de Eeuwen Trouw, tanpa wajah, dengan kutipan: "Het enige, wat wij verloren hebben, is ons gezicht … waarom zouden wij dan heengaan?" (Satu-satunya yang hilang dari kami adalah muka kami … jadi mengapa kami harus pergi?).

Waktu: 1951
Tempat: Belanda
Tokoh:
Peristiwa:
Juru foto/gambar: Leo Jordaan
Sumber / Hak cipta: Atlas Van Stolk
Catatan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar