Kamis, 31 Juli 2014

Republik Indonesia Serikat (1) - Negara Sumatera Timur: Unjuk rasa di Pematang Siantar mendukung pembentukan NST

Pengantar: Sejarah Indonesia tentang masa tahun 1949-1950 akan menyebut kata RIS alias Republik Indonesia Serikat. Tetapi kita tidak banyak menemukan bahasan tentang hal itu. Boleh jadi karena negeri-negeri federasi ini dianggap negara boneka buatan Belanda, dan tokoh-tokohnya dipandang sebagai kaki tangan Belanda di dalam usaha mereka mempertahankan kendali mereka atas Indonesia.

Seri posting kali ini akan menampilkan beberapa foto yang berkenaan dengan RIS ini. Mudah-mudahan ini bisa berkontribusi di dalam menggali bagian sejarah Indonesia yang tampak terlantarkan ini.

Negara Sumatera Timur - Unjuk rasa di Pematang Siantar mendukung pembentukan NST 

© gahetna
© gahetna
© gahetna
© © gahetna
© gahetna
© gahetna
gahetna
gahetna

Waktu: 27 Agustus 1947
Tempat: Pematang Siantar
Tokoh: Tengku Mansyur (pemimpin Negara Sumatera Timur)
Peristiwa: Rentetan kejadian yang disebut Revolusi Sosial Sumatera Timur telah menumbuhkan sikap anti-republik di beberapa kalangan masyarakat di wilayah ini. Ini kemudian terakumulasi di tuntutan pembentukan Negara Sumatera Timur, seperti yang terlihat di unjuk rasa di Pematang Siantar ini. Di foto-foto ini kita melihat dukungan beberapa warga India, warga Tionghoa, dan warga lokal yang tampaknya terkait dengan para bangsawan wilayah ini, dan tentu saja pihak Belanda yang mengerahkan para petingginya (a.l. Komisaris Pemerintah J.J. van der Velde, dan Asisten Residen A. Schuyff).
Fotografer:
Sumber / Hak cipta: Het Nationaal Archief
Catatan:


UPDATE 16 September 2019

Foto keenam dengan ukuran yang lebih besar:
(klik untuk memperbesar | © Beeldbank WO2 / NIOD)

Tambahan dua foto dari peristiwa yang sama:
(klik untuk memperbesar | © Beeldbank WO2 / NIOD)
(klik untuk memperbesar | © Beeldbank WO2 / NIOD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar