Rabu, 16 Desember 2020

Poster organisasi Katolik dan Protestan Belanda di masa perang kemerdekaan, 1946-1949

(klik untuk memperbesar | © AVS)

Poster ini dikeluarkan oleh Katholiek Thuisfront (Front Tanah-Air Katolik) di sekitar tahun 1946/1947. Bagian bawah memperlihatkan aksi militer Belanda di darat, laut, dan udara di Indonesia (dilambangkan dengan dua pohon kelapa); sementara bagian atas memperlihatkan Belanda dengan kincir angin dan siluet bangunan. Setan mencoba merobek pita penghubung kedua bagian ini, tetapi tidak berhasil, sebagaimana tertulis di atas: onverbreekbaar (tak terpecahkan).

(klik untuk memperbesar | © AVS)

Poster ini juga keluaran Katholiek Thuisfront (Front Tanah-Air Katolik) antara tahun 1946 dan 1949, dan berbunyi Achter elk soldaat 'n burger (di belakang tiap prajurit ada warga sipil) yang tampaknya bermakna bahwa penerjunan tentara Belanda di Indonesia didukung oleh khalayak sipil Belanda.

(klik untuk memperbesar | © AVS)

Poster yang ini dikeluarkan oleh Protestants Interkerkelijk Thuisfront (Front Tanah-Air Lintas Gereja Protestan) di sekitar tahun 1947, dan tidak bertema militer, malah menggambarkan burung perdamaian, dan mengajak Doe mee aan de boekenactie (Ayo ikutan dalam aksi buku) yang tampaknya menyeru warga Belanda untuk menyumbang buku ke Indonesia.

Waktu: antara 1946 dan 1949
Tempat: poster di atas terbit di Belanda dengan mengacu ke peristiwa di Indonesia
Tokoh:
Peristiwa:
Juru foto/gambar:
Sumber / Hak cipta: Atlas Van Stolk
Catatan:


UPDATE 7 Februari 2021
(klik untuk memperbesar | © AVS)

Poster yang lebih netral beredar di Belanda di bulan Januari 1946 dan menyerukan masyarakat Belanda untuk menyumbang demi Hindia-Belanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar