Kamis, 22 Oktober 2020

Adam Malik bersama Teruo Nakamura, prajurit Jepang terakhir yang keluar dari hutan, 1975

Blog ini sudah menampilkan beberapa contoh kasus di mana tentara Jepang, walaupun pemerintahnya secara resmi sudah menyerah kepada Sekutu, menolak menyerahkan diri dan malah bergabung dengan para pejuang kemerdekaan untuk memerangi pasukan Belanda.

Sebagian lain, di beberapa wilayah, masuk ke hutan pedalaman dan putus kontak dengan dunia luar; hingga bertahun-tahun dan terlupakan orang. Masyarakat Jepang mengira mereka sudah hilang tak bisa ditemukan, sementara para prajurit yang bersembunyi ini menyangka perang masih berlangsung.

Tahun 1972, Jepang dibuat heboh dengan ditemukannya Shoichi Yokoi di pedalaman Guam, 28 tahun setelah tentara ini bersembunyi di hutan. Dua tahun kemudian, di bulan Maret 1974, Jepang dihebohkan lagi dengan ditemukannya Hiroo Onoda di pedalaman pulau Lubang, Filipina.

Beberapa bulan kemudian, tepatnya di Desember 1974, Indonesia berhasil menemukan dan membujuk Teruo Nakamura agar keluar dari pedalaman Morotai, Maluku Utara. Sekitar 30 tahun prajurit Jepang ini berada di hutan, dan menjadi tentara Jepang terlama yang berkelana di hutan setelah Perang Dunia II usai.

1 Januari 1975: Menlu Adam Malik menyalami Teruo Nakamura di Jakarta
(klik untuk memperbesar | © Asahi Shimbun via Getty Images)

8 Januari 1975: Teruo Nakamura berbicara dengan media di Jakarta
(klik untuk memperbesar | © Asahi Shimbun via Getty Images)

Kisah ini ternyata masih ada buntutnya. Teruo Nakamura sejatinya bukan orang Jepang, tetapi seperti halnya Tan Tik An dan Tan Tjian Loe berasal dari Taiwan. Karenanya dia minta dipulangkan ke Taiwan, bukan ke Jepang. Di Taiwan sendiri, Teruo Nakamura, yang lahir ketika Taiwan dikuasai Jepang, dianggap sebagai pendukung penjajahan Jepang, dan pihak Taiwan malah memberinya nama Tionghoa Lee Kuang-hui.

Masih belum selesai: Teruo Nakamura tetapi bukan pula orang Tionghoa, dia berasal dari suku Amis, yang merupakan penduduk asli Taiwan. Secara etnolinguistika, warga Amis ini merupakan bagian dari rumpun Austronesia; atau dengan kata lain malah lebih dekat kekerabatannya dengan warga Nusantara.

Waktu: Januari 1975
Tempat: Jakarta
Tokoh: Adam Malik (Menteri Luar Negeri RI), Teruo Nakamur (tentara Jepang)
Peristiwa:
Fotografer:
Sumber / Hak cipta: Asahi Shimbun via Getty Images
Catatan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar