Selasa, 05 Agustus 2014

Republik Indonesia Serikat (6) - Negara Madura

Pengantar: Sejarah Indonesia tentang masa tahun 1949-1950 akan menyebut kata RIS alias Republik Indonesia Serikat. Tetapi kita tidak banyak menemukan bahasan tentang hal itu. Boleh jadi karena negeri-negeri federasi ini dianggap negara boneka buatan Belanda, dan tokoh-tokohnya dipandang sebagai kaki tangan Belanda di dalam usaha mereka mempertahankan kendali mereka atas Indonesia.

Seri posting kali ini akan menampilkan beberapa foto yang berkenaan dengan RIS ini. Mudah-mudahan ini bisa berkontribusi di dalam menggali bagian sejarah Indonesia yang tampak terlantarkan ini.


Negara Madura


Wali Negara Madura, R.A.A. Cakraningrat, berbicara di acara pembentukan tentara Madura di Bangkalan; di sebelah kanannya duduk Panglima Tentara Belanda di Jawa Timur Mayjen W.J.K. Baay.
gahetna)
Panglima Tentara Belanda di Jawa Timur Mayjen W.J.K. Baay, berbicara di acara pembentukan tentara Madura di Bangkalan; di sebelah kirinya duduk Wali Negara Madura, R.A.A. Cakraningrat.
gahetna)
Para anggota kesatuan tentara Madura di dalam acara pembentukan batalyon pertama mereka di Bangkalan.
gahetna)
Wali Negara Madura, R.A.A. Cakraningrat, berpidato di ulang tahun pertama batalyon tentara Madura di Bangkalan.
gahetna)
Wali Negara Madura, R.A.A. Cakraningrat, menginspeksi tentara Madura di Bangkalan, bersama Panglima Tentara Belanda di Jawa Timur Mayjen W.J.K. Baay.
gahetna)

Waktu: 1947-1948 (?)
Tempat: Bangkalan
Tokoh: R.A.A. Cakraningrat (Wali Negara Madura), Mayor Jenderal W.J.K. Baay (Panglima Tentara Belanda di Jawa Timur)
Peristiwa: Tiga foto pertama menunjukkan acara pembentukan batalyon pertama tentara Madura di Bangkalan; dua foto terakhir menunjukkan ulang tahun pertama kesatuan ini, juga di Bangkalan.
Fotografer:
Sumber / Hak cipta: Het Nationaal
Catatan:

>>> GARIS WAKTU <<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar