Sabtu, 09 Agustus 2014

Republik Indonesia Serikat (10) - "Negara Sumatera Barat"

Pengantar: Sejarah Indonesia tentang masa tahun 1949-1950 akan menyebut kata RIS alias Republik Indonesia Serikat. Tetapi kita tidak banyak menemukan bahasan tentang hal itu. Boleh jadi karena negeri-negeri federasi ini dianggap negara boneka buatan Belanda, dan tokoh-tokohnya dipandang sebagai kaki tangan Belanda di dalam usaha mereka mempertahankan kendali mereka atas Indonesia.

Seri posting kali ini akan menampilkan beberapa foto yang berkenaan dengan RIS ini. Mudah-mudahan ini bisa berkontribusi di dalam menggali bagian sejarah Indonesia yang tampak terlantarkan ini.




"Negara Sumatera Barat

(c) gahetna
(c) gahetna
(c) gahetna
(c) gahetna
(c) gahetna
(c) gahetna
(c) gahetna
(c) gahetna
Waktu: 26 Oktober 1947 (atau 1948?)
Tempat: Padang
Tokoh:
Peristiwa: Foto-foto ini memperlihatkan sekelompok masyarakat Minang, yang menurut catatan foto-foto ini dimotori oleh "Saidi nan Poetih", mengajukan petisi pembentukan "Negara Sumatera Barat" kepada Residen Dr. L.B. van Stralen. Kita melihat ada pengerahan massa, orasi, pembubuhan tanda tangan, serta pertemuan dengan beberapa petinggi Belanda berseragam militer. Sejauh mana ini aspirasi murni dari masyarakat ini, harus dipelajari lebih lanjut. Tetapi sejarah memperlihatkan bahwa petisi akhirnya ini tidak berhasil, " Negara Sumatera Barat" tidak tercatat dalam sejarah. Kemungkinan karena mayoritas masyarakat Minang lebih memilih jejak Muhammad Hatta, Muhammad Yamin, Agus Salim, Sutan Syahrir, Tan Malaka, dll. yang merupakan pendukung gigih Negara kesatuan.
Fotografer:
Sumber / Hak cipta: Het Nationaal
Catatan:

>>> GARIS WAKTU <<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar