Selasa, 12 September 2017

Warga Belanda berpose di petilasan Teuku Umar, 1916/1920

Kutaraja 1920: Warga Belanda berpose di depan gua Teuku Umar
(klik untuk memperbesar | © KITLV)
Meulaboh 1916: Beberapa warga Belanda, termasuk anggota KNIL dan anak isteri, berfoto di tugu tempat gugurnya Teuku Umar
(klik untuk memperbesar | © KITLV)
Waktu: 1916 & 1920
Tempat: Kutaraja, Meulaboh
Tokoh:
Peristiwa:
Fotografer:
Sumber / Hak cipta: Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde
Catatan: Tugu di Meulaboh bertuliskan HIER SNEUVELDE TEUKOE OEMAR 11 FEBR. 1899 (Di sini tewas Teuku Umar 11 Februari 1899)

1 komentar:

  1. Terima kasih untuk postingan foto bersejarah ini. Foto ini sangat bermanfat bagi saya. Pertama karena saya sedang menulis tentang erosi pantai Meulaboh. Foto itu merupakan salah satu data pendukung posisi garis pantai. Saya masih sempat melihat langsung tugu tersebut ketika tugu oitu hampir tenggelam ke dalam pasir pantai karena erosi pantai pada tahun 1968-1969 ketika saya kelas 1 dan 2 SD di Meulaboh. Ketika itu pantai di mana tugu itu berada adalah salah satu tempat tujuan wisata pantai yang disebut pantai Batu Putih (karena tugu itu tampak berwarna putih). Kedua, foto itu menjadi kenangan bagi saya.

    BalasHapus