Selasa, 19 September 2017

Gombong sebagai tempat pertukaran warga militer antara Indonesia dan Belanda, 1948 (15)

PENGANTAR

Perjanjian Renville memiliki banyak peristiwa lanjutan. Sebelum ini sudah kita lihat di beberapa posting sebelumnya bagaimana TNI harus hijrah dari beberapa wilayah menuju daerah yang diakui sebagai area kekuasaan Republik Indonesia. Selain itu terjadi pula pertukaran militer dari wilayah kekuasaan Belanda ke daerah Republik, dan sebaliknya.

Belanda, misalnya menyerahkan ratusan pejuang yang ditahan Belanda. Belanda juga memberangkatkan beberapa anak-isteri dari pejuang TNI ke wilayah Republik. Sebaliknya, Republik Indonesia juga menyerahkan keluarga KNIL yang selama ini berada di wilayah kekuasan Republik dan terputus hubungan dengan kerabat KNIL mereka.

Selain itu, Republik juga menyerahkan para prajurit Inggris asal jazirah Hindia yang membelot dan berjuang di pihak Indonesia. Tentara-tentara India ini kemudian dikembalikan Belanda ke tanah kelahiran mereka. Menarik pula bahwa ternyata masih ada sisa-sisa Nazi Jerman yang berlindung di wilayah Republik. Setelah perjanjian Renville; Indonesia juga menyerahkan warga-warga Jerman ini.

Gombong, sebuah kecamatan di Kebumen, Jawa Tengah, memainkan peranan penting di peristiwa-peristiwa ini. Lokasinya di perbatasan antara wilayah yang dikuasai Belanda dengan area kekuasan Republik, serta adanya stasiun kereta api, membuat kota ini dipilih menjadi tempat di mana serah-terima di atas berlangsung.

Perbincangan antara pihak Republik Indonesia dengan Belanda di saat penyerahan warga, dengan disaksikan dua perwira militer dari Inggris dan Amerika
(klik untuk memperbesar | © gahetna)
Tiga dari warga Jerman, salah satunya adalah seorang sersan Kriegsmarine (Angkatan Laut), yang ikut diberangkatkan ke wilayah kekuasaan Belanda.
(klik untuk memperbesar | © gahetna)
Sebagian dari warga Jerman yang diberangkatkan dari wilayah Republik Indonesia.
(klik untuk memperbesar | © gahetna)
Kedatangan para warga Jerman di stasiun Manggarai, sebelum dibawa ke sebuah kamp (yang sayang tidak disebutkan di mana).
(klik untuk memperbesar | © gahetna)
Waktu: 11 Juli 1948
Tempat: Gombong
Tokoh:
Peristiwa: Pada tanggal 11 Juli 1948 pihak Republik Indonesia kembali menyerahkan warga dan kerabat KNIL yang sebelumnya masih berada di wilayah para pejuang. Kali ini, proses pemberangkatan ke wilayah kekuasaan Belanda diikuti pula oleh beberapa warga Jerman yang selama ini berada di wilayah Republik.
Fotografer: J.G. Enkelaar (foto nomer 1, 2, dan 4); R.G. Jonkman (foto nomer 3)
Sumber / Hak cipta: Het Nationaal Archief
Catatan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar