Rabu, 27 Juni 2018

Penampilan tim sepakbola Hindia-Belanda di Piala Dunia 1938

Reims, 5 Juni 1938, pertandingan babak awal Piala Dunia di Perancis: Tim berkaos terang adalah Hungaria, yang beberapa hari kemudian masuk final dan menjadi runner-up. Tim berkaos gelap-terang berasal dari … Indonesia, atau Hindia-Belanda ketika itu. Ini adalah kesebelasan pertama dari Asia di ajang Piala Dunia.
(klik untuk memperbesar | © spaarnestad)
Setelah perjalanan berminggu-minggu dengan kapal laut, dan asupan makanan yang beda di lidah, tim kulit sawo-matang ini kalah 0-6 dari Hungaria. Lumayan mencolok, tapi saat itu Kuba kalah lebih telak: 0-8 lawan Swedia. Swedia sendiri kemudian dikalahkan … Hungaria. Sistem gugur membuat tim Hindia-Belanda hanya berkesempatan main satu kali.
(klik untuk memperbesar | © spaarnestad)
Ini dia wajah sebelas orang Asia pertama di Piala Dunia (atau mungkin sepuluh tanpa pemain paling kiri?). Pria berkacamata di tengah adalah kapten tim, Achmad Nawir, seorang terpelajar bergelar doktor. Foto diambil di Amsterdam, tanggal 27 Juni 1938, tepat 80 tahun lalu, saat tim ini berhadapan dengan kesebelasan Belanda dalam sebuah pertandingan persahabatan.
(klik untuk memperbesar | © spaarnestad)
Waktu: 5 dan 27 Juni 1938
Tempat: Reims (Perancis), Amsterdam
Tokoh: Achmad Nawir (tokoh sepakbola Indonesia)
Peristiwa: 
Fotografer: 
Sumber / Hak cipta: Spaarnestad Photo
Catatan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar